Rabu, 07 Januari 2009

Proposal Disertasi

Suatu disertasi atau tesis ditulis untuk menjawab suatu masalah; dan masalah bukanlah pertanyaan! Banyak tesis dan disertasi yang ditulis tapi tidak jelas apa masalahnya, sehingga ia hanya mendeskripsikan suatu topik/tema. Ini jelas berbeda dengan skripsi yang hanya men-de-skripsi-kan.
Misalnya beberapa hari yang lalu ada ujian proposal disertasi di mana si mahasiswa mengangkat judul "Pemikiran Tasawuf Muslih ibn Abd Rahman 1917-1981)". Yang belum nampak dari judul dan juga keseluruhan proposal adalah apa sebenarnya masalahnya, kenapa pemikiran ini harus dikaji, dan ini akan memberikan kontribusi apa terhadap bangunan keilmuan yang sudah ada.
Oleh karena itu, sebelum memulai penulisan proposal, harus terlebih dahulu mengetahui dan menentukan tema dan keilmuan yang akan digeluti, baru kemudian mengajukan kasus untuk memberikan kontribusi terhadap tema tersebut. Maka pemikiran Muslih dalam hal ini adalah kasus bukan tema; disertasi/tesis ini ditulis bukan untuk menjadi spesialis dan ahli dalam pemikiran Muslih tapi ahli dalam tema yang berada di atas pemikiran Muslih. Oleh karena itu pembahasan kasus harus diangkat ke level di atas pemikiran Muslih, yaitu tema. Pemikiran Muslih merupakan representasi dari apa? Apa yang sedang dikaji dan diskusikan oleh masyarakat akademik tentang tema tasawuf.
Setelah tema diketahui dan ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah menemukan literatur-literatur (literatur review) tentang tema tersebut. Kalau berbicara tentang tema, maka akan ditemukan banyak literatur yang sudah mengkaji tema tersebut, tapi kalau dimulai dari kasus, maka literatur yang akan ditemukan akan sedikit bahkan tidak ada sama sekali.
Dari literatur review tersebut, akan didapatkan peta perdebatan, dan diketahui siapa yang berbicara di sana, masalah apa yang mereka diskusikan, dan jawaban/kesimpulan yang mereka ajukan.
Peneltian dan disertasi diajukan untuk mengkritisi, memperkuat, membantah maupun merevisi kesimpulan mereka, dengan mengajukan kasus sendiri. Tentunya sudah ada preliminary penelitian dan bahan primer tentang kasus yang akan dibahas sehingga benar-benar bisa membuktikan sesuatu terhadap perdebatan akademik yang ada.

1 komentar: