Jumat, 09 Januari 2009

Pelepasan Wisudawan SPs

Malam ini diadakan acara pelepasan wisudawan program MA dan Doktor di Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta. Acara ini sudah mulai ditradisikan sejak Oktober 2008 silam, ketika melepas sekitar 150 wisudawan. Januari 2009 ini tidak terlalu banyak yang diwisuda dari SPs, hanya 50 orang, yang terdiri dari 21 MA dan 29 Doktor. Wisuda sebelumnya memang banyak karena melepas 60 mahasiswa program beasiswa Depag konsentrasi PAI dan PBA.
Yang menarik dari para wisudawan bulan ini, sebagaimana pada wisuda Oktober yang lalu, adalah banyaknya para wisudawan dari angkatan lama, bahkan ada yang angkatan 1997, walaupun ada juga yang angkatan 2005. Memang, sejak awal kepemimpinan Prof. Dr. Azyumardi Azra, telah dilakukan berbagai langkah dan kebijakan agar mahasiswa yang telah lama studi di SPs dapat menyelesaikan studinya. Maka diperkenalkan gelar Master non tesis, gelar MPhil, SK Kadaluarsa dan sebagainya, sehingga mereka yang sudah lama terlena dengan berbagai kesibukan, terpacu untuk menyelesaikan tesis dan disertasinya. Dengan adanya Surat Peringatan, Surat Ancaman DO, pemaksaan untuk melapor progress penulisan tesis dan disertasi, akhirnya banyak juga yang berterima kasih kepada SPs karena dapat menyelesaikan studinya. Walaupun banyak juga yang terkena SK Kadaluarsa, sehingga tidak bisa menyelesaikan studinya.
Dengan acara pelepasan ini, berarti jumlah alumni SPs semakin banyak. Itu berarti jaringan SPs semakin meluas, karena para alumni ini tersebar di seluruh Indonesia, yang kini ada yang sedang menjabat rektor IAIN/UIN/STAIN, direktur pasca, aktif di LSM atau Partai Politik. Alumni-alumni ini akan lebih mengharumkan nama SPs, karena mereka akan menjadi jubir dan iklan SPs di luar. Oleh karena itu, di kemudian hari perlu dilakukan pendataan alumni dan mungkin juga pendirian ikatan alumni SPs sehingga ikatan batin antara sesama alumni dapat terus dijalin.
Selain acara pelepasan, malam ini juga merupakan tasyakuran atas keluarnya SK dari BAN PT Diknas yang memberikan akreditasi A (Sangat Baik) bagi program Magister. Nilai ini merupakan nilai yang paling tinggi, sementara program Magister yang lain hanya mendapat nilai B, bahkan C. Dalam SK tersebut tercantum dua Program Pascasarjana, yaitu SPs UIN Jakarta dengan nilai A, dan Universitas Islam Jakarta dengan nilai C. Ini membuktikan bahwa administrasi, sistem dan kualitas Sekolah Pascasarjana diakui dan diapresiasi. Sementara itu, akreditasi untuk program Doktor masih dalam proses, mudah-mudahan mendapat nilai yang sama.

1 komentar:

  1. selamet buat Sps Uin,Sebuah prestasi tentulah bu ah dari perjuangan tanpa henti.tinggal bagaimana menempatkan diri sebagai "pemegang" prestasi...cayoo...itu baru langkah awal untuk prestasi-prestasi selanjutnya....

    BalasHapus